LAPORAN KKG IV CIAWIGEBANG

Kata Pengantar

 

          Berkat rahmat, karunia dan hidayah Tuhan Yang Maha Esa, penyusunan Laporan Hasil Kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Bermutu Gugus IV Ciawigebang dalam rangka persiapan pelaporan KKG Bermutu tahun kedua    yang di selenggarakan pada tanggal 11 November 2011 sampai dengan tanggal 27 Maret 2012  oleh Kelompok Kerja Guru Gugus IV Ciawigebang.

Laporan ini merupakan bentuk pertanggung jawaban kegiatan tersebut, yang diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu masukan penyusunan kebijakan pembinaan Kelompok Kerja Guru dalam melaksanakan  kegiatan Pengembangan keprofesian  yang merupakan strategi pelaksanaan pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.

Pada kesempatan ini kami haturkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses penyusunan laporan ini.

Besar harapan kami, kiranya laporan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka  mewujudkan guru yang profesional, bermartabat dan sejahtera.

Ciawigebang, 30 Maret 2012

Ketua KKG Gugus IV Ciawigebang

Erik Kasihanto, S.Pd.I

 

Daftar Isi

 

Kata pengantar          …………………………………………………………………….i

Daftar isi          …………………………………………………………………………….ii

Bab I Pendahuluan    …………………………………………………………………….1

  1. Latar belakang   ……………………………………………………………………….1
  2. Dasar hukum    ………………………………………………………………………..2
  3. Tujuan program  ………………………………………………………………………3
  4. Sasaran  ……………………………………………………………………………….4
  5. Materi pelatihan   ………………………………………………………………………6
  6. Hasil yang diharapkan, sasaran, dan sebagainya   ……………………………….7

Bab II Pelaksanaan Program   …………………………………………………………8

(Menginformasikan semua kegiatan dengan rencana kerja yang disepakati yang mencakup tempat, waktu, kegiatan, penggunaan dana, masalah, dan upaya pemecahan masalah).

Bab III Pelaksanaan Kegiatan …………………………………………………………..25

Berisikan laporan tentang :

  1. Hasil pelaksanaan kegiatan ………………………………………………………….25
  2. Pertanggungjawaban dana …………………………………………………………..26

Bab IV Rangkuman Hasil Evaluasi Mandiri    …………………………………………27

Bab V Kesimpulan Dan Rekomendasi    ……………………………………………….29

Lampiran-lampiran

  1. Daftar hadir peserta, pengarah, narasumber dan panitia.
  2. Materi atau hasil pertemuan.
  3. Dokumentasi/photo kegiatan
  4. Fotocopy dokumen pertanggung jawaban keuangan (asli disimpan dimasing-masing kelompok kerja).
  5. Copy/salinan hasil tagihan kelompok lengkap.
  6. Copy/salinan hasil tagihan individu (3 sample terbaik) lengkap.
  7. Hasil evaluasi mandiri oleh sekolah.
  8. Hasil evaluasi mandiri oleh KKG/FKKG

BAB I

PENDAHULUAN

  1. A.  Latar belakang

Undang-undang RI No.14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen mengamanatkan Guru untuk memiliki : (i) Kualifikasi akademik minimum S1/D-IV ; (ii) Kompetensi sebagai agen pembelajaran yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional; (iii) Sertifikat pendidik. Agar Guru dapat memiliki kompetensi sebagai agen pembelajaran sebagaimana yang diamanatkan pada Undang-undang tersebut di atas, maka Guru harus senantiasa meningkatkan kompetensinya secara terus menerus melalui berbagai upaya antara lain melalui pelatihan, kegiatan karya tulis ilmiah, pertemuan dikelompok kerja dan musyawarah kerja yang terdiri dari : Kelompok Kerja Guru (KKG), Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS), Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS), Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) dan Musyawarah Kerja Pengawas Sekolah (MKPS).

Forum Kelompok Kerja atau Forum Musyawarah Kerja diharapkan dalam terbentuk pada masing-masing Kelompok Kerja dan Musyawarah Kerja, yang dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS melalui koordinasi dan jejaring antar Kelompok Kerja atau Musyawarah Kerja. Forum-forum tersebut dibentuk pada tingkat Kabupaten/Kota sebagai wadah koordinasi dan sinkronasi program kerja antar KKG/MGMP, KKKS/MKKS, dan KKPS/MKPS. Forum yang dapat dibentuk terdiri dari Forum Kelompok Kerja Guru (FKKG), Forum Kelompok Kerja Kepala Sekolah (FKKKS), Forum Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (FKKPS), Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP), dan Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (FMKKS).

Khusus untuk KKG, sampai saat ini KKG di gugus IV Ciawigebang telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi dan kinerja guru. Disisi lain, FKKG dapat memfasilitasi dalam meningkatkan kinerja KKG.

Ada beberapa kendala yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan Kelompok Kerja Guru yang aktif dan efektif  atas adalah sebagai berikut :

  1. Manajemen KKG masih perlu ditingkatkan kualitasnya dalam upaya optimalisasi intensifikasi pembinaan kegiatan KKG.
  2. Program – program kegiatan KKG masih kurang sesuai dengan kebutuhan pengembangan profesionalitas guru.
  3. Dana pendukung operasional belum memadai dan kurang dimanfaatkan secara tepat.

Upaya untuk merevitalisasi KKG yang ada, dan membentuk FKKG agar kegiatan yang dilakukan di setiap KKG dapat memberikan kontribusi untuk menumbuh kembangkan budaya pembelajaran yang berpusat pada kebutuhan siswa dan kelas, sehingga berdampak pada peningkatan kualitas proses pembelajaran yang berujung pada peningkatan kualitas pendidikan secara menyeluruh.

  1. B.       Dasar Hukum
    1. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
    2. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
    3. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
    4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2007 Tentang Pembagian Kewenangan Pusat dan Daerah,
    5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru;
    6. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.
    7. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 Tentang Standar Pengelolaan Pendidikan.
    8. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Program Sarjana (S1) Kependidikan bagi Guru dalam jabatan.
    9. Peraturan Menteri Negara PAN dan RB Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
    10. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 35 Tahun 2010 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.
  1. C.       Tujuan

1. Umum

Kegiatan Program  BERMUTU Secara umum ini bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan mengembangkan profesionalisme guru sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui pemberdayaan kapasitas KKG.  

 2. Khusus

Tujuan khusunya adalah sebagai berikut:

  1. Memberdayakan KKG sebagai wadah bagi guru dalam meningkatkan kompetensinya, terutama kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional
  2. Memberikan kesempatan bagi anggota KKG untuk berbagi pengalaman serta memberikan bantuan dan umpan balik
  3. Meningkatkan kertrampilan dan pengetahuan, serta mengadopsi pendekatan pembaharuan dalam pembelajaran yang lebih profesional bagi anggota KKG
  4. Memberdayakan dan membantu anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah
  5. Mendorong guru untuk memiliki kemampuan menggunakan metode Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan        ( PAIKEM) di dalam kelas tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik.
  6. Membantu guru untuk perolehan angka kredit untuk kenaikan pangkat, peningkatan kualifikasi akademik guru dan persiapan guru dalam menghadapi proses sertifikasi
  7. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK
  8. Meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran
  9. Bukti keikutsertaan guru dalam kegiatan yang berupa sertifikat atau piagam memiliki point yang dapat membantu guru dalam rangka mengikuti program PPKHB dan untuk pendukung Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan.
  10. D.       Sasaran

Sasaran dari kegiatan ini adalah seluruh guru kelas yang ada di KKG  Gugus IV Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan, sebanyak 48 orang guru. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut :

1. Data guru berdasarkan tugas mengajar

No.

Nama Sekolah

Kelas dan Jumlah Guru

Jumlah

I

II

III

IV

V

VI

1.

SDN 1 Geresik

1

-

1

1

1

1

5

2.

SDN 2 Geresik

1

-

1

1

1

1

5

3.

SDN 3 Geresik

1

-

1

1

1

1

5

4.

SDN 1 Lebaksiuh

1

-

1

1

1

1

5

5.

SDN 2 Lebaksiuh

1

-

1

1

1

1

5

6.

SDN 1 Kramatmulya

1

1

1

1

1

1

6

7.

SDN 2 Kramatmulya

1

1

1

1

1

1

6

8.

SDN 1 Ciputat

1

-

1

2

2

1

5

9.

SDN 3 Ciputat

1

1

1

1

1

1

6

Jumlah

9

3

10

10

10

9

48

2. Data guru berdasarkan kualifikasi akademik

No.

Nama Sekolah

Kualifikasi akademik

Jumlah

SPG D2 D3 D4/S1

1.

SDN 1 Geresik

-

3

-

2

5

2.

SDN 2 Geresik

-

-

1

5

6

3.

SDN 3 Geresik

-

2

1

2

5

4.

SDN 1 Lebaksiuh

-

1

1

3

4

5.

SDN 2 Lebaksiuh

-

4

-

1

5

6.

SDN 1 Kramatmulya

-

5

-

1

6

7.

SDN 2 Kramatmulya

-

4

1

1

6

8.

SDN 1 Ciputat

-

4

-

1

5

9

SDN 3 Ciputat

-

3

-

2

5

                Jumlah

-

26

4

18

48

3. Data guru berdasarkan golongan/ ruang

No

Nama Sekolah

Golongan/ ruang

Jumlah

 Iia Iib IIc IId IIIa IIIb IIIc IIId IVa

1.

SDN 1 Geresik

-

-

-

-

-

-

-

1

3

4

2.

SDN 2 Geresik

2

-

-

-

-

-

1

-

3

4

3.

SDN 3 Geresik

-

1

-

-

-

-

-

-

1

2

4.

SDN 1 Lebaksiuh

-

-

-

1

-

-

1

-

3

5

5.

SDN 2 Lebaksiuh

-

-

-

-

-

-

1

1

3

5

6.

SDN 1 Kramatmulya

-

1

1

-

-

-

1

-

1

4

7.

SDN 2 Kramatmulya

1

-

-

-

-

-

-

-

1

2

8.

SDN 1 Ciputat

2

-

-

-

1

-

-

-

3

6

9.

SDN 3 Ciputat

-

1

-

-

-

-

1

-

2

4

Jumlah

5 3 1 1 1 - 5 2 20

38

 

  1. E.       Materi Kegiatan

Frekuensi kegiatan pada tahun pelajaran 2010 – 2011, dilakukan setiap satu minggu dua kali setiap hari rabu dan sabtu. Kecuali pada kegiatan-kegiatan tertentu, frekuensi kegiatan disesuaikan dengan kebutuhan.

Jadi frekuensi kegiatan yang telah dilaksanakan oleh KKG  Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang dalam satu tahun terakhir adal 16 kali kegiatan/pertemuan. Berikut adalah rekap pelaksanaan kegiatan pada tahun 2011 – 2012.

NO

HARI

TANGGAL

PERTEMUAN

MATERI

PEMATERI

1

Sabtu

11-11-2011

IN-SERVIS

Kebijakan Disdik Kab Kadisdikpora

2

Kamis

17-11-2011

1

Penilaian Kinerja Guru ( PKG) Irsan Fajar, S.Pd.

3

Kamis

24-11-2011

2

Penilaian Kinerja Guru ( PKG) Irsan Fajar, S.Pd.

4

Sabtu

03-12-2011

3

Pengembangan Keprofesian Pemandu

Berkelanjutan ( PKB )

5

Sabtu

17-12-2011

4

Program Indukasi Guru Irsan Fajar, S.Pd.

Pemula (PIGP)

6

Sabtu

07-01-2012

5

Silabus Dan RPP Kusnadi, S.Pd.M.Pd

7

Kamis

12-01-2012

6

Information Comunication Pemandu

Tekhnologi (ICT 1)

8

Sabtu

14-01-2012

7

Information Comunication Pemandu

Tekhnologi (ICT 1)

9

Kamis

19-01-2012

8 (On Service)

Observasi Kelas Pengurus/Pemandu

10

Sabtu

21-01-2012

9

Lesso Study Toto Sucipto, S.Pd.

11

Selasa

31-01-2012

10

Penyusunan Kisi-kisi Soal Kusnadi, S.Pd.M.Pd

Dan Bank Soal

12

Sabtu

04-02-2012

11

Kajian Kritis Toto Sucipto, S.Pd.

13

Kamis

09-02-2012

12

PTK 1 ( Perencanaan ) Kusnadi, S.Pd.M.Pd

14

Sabtu

11-02-2012

13

PTK 2 (Pelaksanaan Tindakan) Pemandu

15

Sabtu

18-02-2012

14

PTK 3 (Laporan) Kusnadi, S.Pd.M.Pd

16

Minggu

25-03-2012

15

Penyusunan Laporan LPMP

17

Selasa

27-03-2012

16

Penyusunan Laporan Pengurus/pemandu

  1. F.        Hasil yang diharapkan

Diharapkan setelah melaksanakan kegiatan peserta/anggota kelompok kerja guru dapat :

  1. Meningkatkan kinerja dan peran KKG dalam meningkatkan kompetensi anggotanya.
  2. Tersedianya kesempatan bagi anggota KKG untuk saling tukar pengalaman dan saling memberi umpan balik.
  3. Terwujudnya perubahan prilaku anggota KKG dalam meningkatkan pengetahuan, kompetensi, dan kinerja.
  4. Terwujudnya pemberdayaan anggota KKG dalam melaksanakan tugas-tugas pembelajaran di sekolah.
  5. Terwujudnya peningkatan mutu proses pembelajaran dan mutu pendidikan yang tercermin dari peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan :
  1. Peserta didik belajar dengan aktif, inovatif, kreatif, efektif, bermakna, dan menyenangkan;
  2. Guru menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan bahan ajar dan perkembangan kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik;
  3. Hasil evaluasi belajar peserta didik meningkat dan sesuai dengan target;
  4. Ketuntasan belajar dan nilai yang disepakati oleh sekolah;
  5. Guru memberi tugas dan umpan balik;
  6. Hasil karya peserta didik dan pemanfaatan lingkungan yang digunakan sebagai sumber belajar.
  1. Meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan dan melaporkan PTK.
  2. Mahir dalam penggunaan ICT dalam pembelajaran.

 

 

 

 

 

 

BAB II

PELAKSANAAN PROGRAM

 

  1. A.       Dasar kerja

Kegiatan Kelompok Kerja Guru Gugus IV Ciawigebang  ini dilaksanakan berdasarkan Surat Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Jawa Barat Nomor 4238/J.29/LL/2011, tanggal 02 Oktober  2011 tentang Nota kesepakatan (MoU).

  1. B.       Waktu Dan Tempat

Kegiatan ini diselenggarakan selama 16 kali pertemuan, mulai tanggal 11 November 2011 sd 27 Maret  2012  bertempat di SD Inti yaitu SD Negeri 1 Geresik UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang.

  1. C.       Skenario Kegiatan
Pertemuan

Pokok Bahasan

In-service
  1. Kebijakan Kementrian Pendidikan Nasional
  2. Kebijakan Kepala Dinas DISDIKPORA Kab. Kuningan
  3. Training Need Assesment
 
Pertemuan 1
  1. Selayang pandang tentang Permennegpan & RB No.16/2009
  2. Unsur dan Sub Unsur Kegiatan PK Guru
 
Pertemuan 2
  1. Prosedur Penilaian PK Guru
  2. Simulasi dan tanya jawab
 
Pertemuan 3
  1. Latar Belakang, Dasar Hukum dan Manfaat PKB
  2. Konsep dan implementasi PKB
  3. Monitoring dan pelaporan PKB
Pertemuan 4 Program Induksi Guru Pemula
Pertemuan 5 Silabus dan RPP
Pertemuan 6
  1. Mengenal Komputer
  2. Operasi Dasar Komputer
  3. Membuat Naskah Sederhana dengan Microsoft Word
  4. Membuat Naskah dengan Daftar dan Tabel
  5. Membuat Naskah berisi Rumus/Formula
Pertemuan

Pokok Bahasan

Pertemuan 7
  1. Membuat Lembar Kerja Sederhana dengan Microsoft Excel
  2. Membuat Slide Presentasi Sederhana
  3. Menggunakan Browser dan Mesin Pencari
  4. Berkomunikasi Menggunakan Yahoo!Mail
On- Service Kunjungan ke Sekolah SD Inti untuk melakukan observasi
Kelas
Pertemuan 9 PLAN:

Penyusunan rencana pmbelajaran dan perangkatnya

DO:

Pelaksanaan pembelajaran di kelas yang diobservasi    (open class/open lesson)

SEE:

Diskusi Refleksi, (difokuskan pada aktivitas belajar siswa)

Pertemuan 10
  1. Analisis Kualitatif
  2. Analisis Kuantitatif
  3. Contoh Model Analisis
Pertemuan 11 1. Pengertian, Lingkup serta Kegunaan Analisis butir soal
dan Analisis Tes
2. Analisis Spesifikasi Soal dan Spesifikasi Tes
3. Analisis Karakteristik Soal dan Karakteristik Tes
Pertemuan 12
  1. Prinsip Kajian Kritis
  2. Aspek-aspek dalam kajian kritis
  3. Penelusuran Sumber Informasi
  4. Pelaksanaan Kajian Kritis
Pertemuan 13
  1. Menyiapkan perangkat yang diperlukan dalam kegiatan
  • open class, seperti RPP, LKS, media pembelajaran, lembar
Observasi
  1. Melaksanakan open class,
  2. Mengobservasi pembelajaran dengan menggunakan
instrumen lembar observasi pembelajaran
  1. Melaksanakan diskusi refleksi hasil observasi dalam open
class.
Pertemuan 14 Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan
meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran,
menyusun, dan menilai suatu laporan PTK
Pertemuan 15 Aspek-aspek yang dipelajari dalam penyusunan laporan
meliputi cara-cara mengorganisasikan pokok-pokok pikiran,
menyusun, dan menilai suatu laporan PTK
Pertemuan 16 Laporan penyusunan laporan kegiatan KKG bermutu
  1. D.       Jadwal Pelatihan

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

11-11-2011

In-Service

1

07.30 – 08.00

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

Kadisdikpora

2

08.00 – 09.30

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

Kab. Kuningan

3

09.30 – 11.00

Kebijakan Disdik Kab. Kuningan

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Rencana Kerja Berbasis TNA

LPMP

6

14.00 – 14.45

Rencana Kerja Berbasis TNA

7

14.45 – 16.15

Rencana Kerja Berbasis TNA

8

16.15 – 18.00

Rencana Kerja Berbasis TNA

9

19.30 – 21.15

Konsep PKB dan PKG

Pemandu

17-11-2011

Pertemuan 1 (PK Guru)

1

07.30 – 08.00

Latar Belakang PKG

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Latar Belakang PKG

3

09.30 – 11.00

Konsep PKG

4

11.00 – 12.30

Istirahat

Pemandu

5

12.30 – 14.00

Konsep PKG

6

14.00 – 14.45

Prosedur PKG

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Prosedur PKG

Irsan Fajar, S.Pd

8

16.15 – 18.00

Prosedur PKG

9

19.30 – 21.15

Prosedur PKG

24-11-2011

Pertemuan 2 (PK Guru)

1

07.30 – 08.00

konversi hasil PKG

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Tugas dan tanggung jawab

3

09.30 – 11.00

Tugas dan tanggung jawab

4

11.00 – 12.30

Istirahat

Pemandu

5

12.30 – 14.00

Penjaminan Mutu PKG

6

14.00 – 14.45

Penjaminan Mutu PKG

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Monitoring PKG

Irsan Fajar, S.Pd

8

16.15 – 18.00

Evaluasi PKG

9

19.30 – 21.15

Evaluasi PKG

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

03-12-2011

Pertemuan 3 (PKB)

1

07.30 – 08.00

Latar Belakang

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Dasar hokum

3

09.30 – 11.00

Tujuan, Manfaat dan sasaran

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Konsep dan implementasi PKB

6

14.00 – 14.45

Konsep dan implementasi PKB

7

14.45 – 16.15

Konsep dan implementasi PKB

8

16.15 – 18.00

Monitoring dan Evaluasi

9

19.30 – 21.15

Pelaporan PKB

17-12-2011

Pertemuan 4 (PIGP)

1

07.30 – 08.00

Pengertian PIGP

Irsan Fajar, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Dasar Hukum PIGP

3

09.30 – 11.00

Tujuan dan Manfaat PIGP

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Prinsip Program Induksi

6

14.00 – 14.45

Peserta Program Induksi

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Hak dan kewajiban Guru Pemula

8

16.15 – 18.00

Pelaksanaan Program induksi

9

19.30 – 21.15

Penilaian pada Guru Pemula

07-01-2012

Pertemuan 5 (Silabus dan RPP)

1

07.30 – 08.00

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

Kusnadi, M.M.Pd.

2

08.00 – 09.30

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

3

09.30 – 11.00

Teknik Pengembangan Silabus dan Rancangan Penilaian

Hasil Belajar

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Teknik Pengembangan RPP

6

14.00 – 14.45

Teknik Pengembangan RPP

7

14.45 – 16.15

Teknik Pengembangan RPP

8

16.15 – 18.00

Teknik Pengembangan RPP

9

19.30 – 21.15

Teknik Pengembangan RPP

12-01-2012

Pertemuan 6 ( ICT 1 )

1

07.30 – 08.00

Pengenalan Komputer

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Operasi dasar computer

3

09.30 – 11.00

Operasi dasar computer

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Membuat naskah dengan MS.word Pemandu

6

14.00 – 14.45

Membuat naskah dengan MS.word

7

14.45 – 16.15

Membuat naskah dengan MS.word

8

16.15 – 18.00

Membuat daftar dan table

9

19.30 – 21.15

Membuat daftar dan table

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

14-01-2012

Pertemuan 7 ( ICT 2 )

1

07.30 – 08.00

Membuat worksheet dg MS .excel

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Membuat worksheet dg MS .excel

3

09.30 – 11.00

Membuat slide presentasi

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Membuat slide presentasi

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Menggunakan browser

7

14.45 – 16.15

Menggunakan browser

8

16.15 – 18.00

Berkomunikasi dgn Yahoo/mail

9

19.30 – 21.15

Berkomunikasi dgn Yahoo/mail

19-01-2012

Pertemuan 8 (Observasi)

1

07.30 – 08.00

Persiapan Open class

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Pelaksanaan Open class

Dan Pengurus

3

09.30 – 11.00

Pelaksanaan Open class

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Pelaporan

6

14.00 – 14.45

Pelaporan

7

14.45 – 16.15

Pelaporan

8

16.15 – 18.00

Pelaporan

9

19.30 – 21.15

Pelaporan

21-01-2012

Pertemuan 9 (lesson Study)

1

07.30 – 08.00

Pengertian Lesson Study

Toto Sucipto, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Perencanaan (Plan)

3

09.30 – 11.00

Perencanaan (Plan)

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Pelaksanaan (do)

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Pelaksanaan (do)

7

14.45 – 16.15

Pelaksanaan (do)

8

16.15 – 18.00

Refleksi (see)

9

19.30 – 21.15

Refleksi (see)

31-01-2012

Pertemuan 10 (Analisis dan Bank Soal)

1

07.30- 08.00

Pengertian, Lingkup serta Kegunaan

Kusnadi,M M.Pd.

2

08.00 – 09.30

Analisis butir soal dan Analisis Tes

3

09.30 – 11.00

Analisis Spesifikasi Soal

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Analisis Spesifikasi Tes

6

14.00 – 14.45

Analisis Spesifikasi Tes

Pemandu

7

14.45 – 16.15

Analisis Karakteristik Soal

8

16.15 – 18.00

Analisis Karakteristik Tes

9

19.30 – 21.15

Analisis Karakteristik Tes

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

04-02-2012

Pertemuan 11 (Kajian Kritis)

1

07.30 – 08.00

Pengertian Kajian Kritis

Toto Sucipto, S.Pd.

2

08.00 – 09.30

Tujuan Kajian Kritis

3

09.30 – 11.00

Manafaat Kajian Kritis

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Kajian kritis teoritis

Pemandu

6

14.00 – 14.45

Kajian kritis Praktis

7

14.45 – 16.15

Penulisan Kajian Kritis

8

16.15 – 18.00

Pemanfaatan Kajian Kritis

9

19.30 – 21.15

Pemanfaatan Kajian Kritis

09-02-2012

Pertemuan 12 (PTK 1 Perencanaan)

1

07.30 – 08.00

menyusun rencana tindakan

perbaikan pembelajaran.

Kusnadi, M.MPd.

2

08.00 – 09.30

3

09.30 – 11.00

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

menyusun perangkat untuk

perbaikan pembelajaran.

6

14.00 – 14.45

7

14.45 – 16.15

8

16.15 – 18.00

menetapkan istrumen untuk

pengumpulan data.

9

19.30 – 21.15

11-02-2012

Pertemuan 13(PTK 2 Pelaksanaan)

1

07.30 – 08.00

Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan rencana tindakan yang dikembangkan pada kegiatan perencanaan.

Pemandu

2

08.00 – 09.30

Melaksanakan observasi pembelajaran dalam

bentuk open class dengan menggunakan lembar observasi.

3

09.30 – 11.00

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Mengumpulkan data tentang hasil pelaksanaan dengan menggunakan instrumen yang sesuai.

6

14.00 – 14.45

Melakukan diskusi refleksi berdasarkan hasil observasi pembelajaran.

7

14.45 – 16.15

8

16.15 – 18.00

Menulis komentar pembelajaran berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran.

9

19.30 – 21.15

 

No.

Hari/Tanggal/Jam

Nama Materi

Narasumber

18-02-2012

Pertemuan 14 (PTK 3 Laporan )

1

07.30 – 08.00

Menuliskan abstrak penelitian.

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

Kusnadi, M.MP.d

2

08.00 – 09.30

Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK .

3

09.30 – 11.00

Menuliskan hasil penelitian sesuai sistematika/ komponen-komponen laporan PTK .

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

6

14.00 – 14.45

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

7

14.45 – 16.15

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

8

16.15 – 18.00

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

9

19.30 – 21.15

Menilai laporan PTK sesuai kriteria.

  25-03-2012 Pertemuan 15  
1 07.30 – 08.00 Menuliskan abstrak penelitian. Pemandu

2

08.00 – 09.30

Menuliskan hasil penelitian sesuai.

3

09.30 – 11.00

sistematika/komponen-komponen laporan PTK

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

6

14.00 – 14.45

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

7

14.45 – 16.15

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

8

16.15 – 18.00

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

9

19.30 – 21.15

Menilai laporan PTK sesuai Kriteria

27-03-2012

Pertemuan 16

1

07.30 – 08.00

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

LPMP

2

08.00 – 09.30

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

3

09.30 – 11.00

Pengarahan Bim Tek Pelaporan

4

11.00 – 12.30

Istirahat

5

12.30 – 14.00

Penyusunan Laporan KKG

6

14.00 – 14.45

Penyusunan Laporan KKG

7

14.45 – 16.15

Penyusunan Laporan KKG

8

16.15 – 18.00

Penyusunan Laporan KKG

9

19.30 – 21.15

Penyusunan Laporan KKG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. E.       Pengarah, Narasumber, Peserta dan Panitia
    1. 1.    Pengarah

Pengarah untuk kegiatan Kelompok Kerja Guru Program Bermutu  tahun 2011 adalah :

1.1     Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan

1.2     Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Ciawigebang

1.3     Pengawas TK/SD Kecamatan Ciawigebang

1.4     Kepala SD Inti Gugus IV Ciawigebang

  1. 2.    Narasumber

Narasumber adalah unsur :

2.1     Dinas Pendidikan Kabupaten Kuningan

2.2     LPMP Jawa Barat

2.3     Guru Pemandu

2.4     Pengawas

2.5     DCT

  1. 3.    Peserta

Peserta kegiatan adalah yang terdaftar sebagai anggota kelompok kerja guru yang bersangkutan.

NO

NAMA

NIP

TUGAS MENGAJAR

1

Hj. SUKASIH,A.Ma.Pd. 19530206 197502 2 004 SDN 1 GERESIK

2

HERDYRESNA A.Ma.Pd. 19630704 198305 1 005 SDN 1 GERESIK

3

NUNUNG,S.Pd. 19680615 199003 2 004 SDN 1 GERESIK

4

IYAR, S.Pd. 19690321 199103 1 004 SDN 1 GERESIK

5

HARIS IRFANSYAH, S.Pd.

-

SDN 1 GERESIK

6

RUSANI, S.Pd.I 19540407 198308 1 001 SDN 2 GERESIK

7

ELI YULIANI, S.Pd. 19670112 199402 2 001 SDN 2 GERESIK

8

UTAY MUHTAR, S.Pd. 19640101 200711 1 014 SDN 2 GERESIK

9

ERIK KASIHANTO, S.Pd. 19841210 200801 1 003 SDN 2 GERESIK

10

WAWAN RIZWAN, S.Pd.                       - SDN 2 GERESIK

11

N.NURBAETI, A.Ma.Pd. 19611817 198201 1 004 SDN 3 GERESIK

12

ELIN MARLIANA, S.Pd.I 19681115 200801 2 009 SDN 3 GERESIK

13

A.JAHIR.M, S.Pd.I

-

SDN 3 GERESIK

14

ELI KUNTARI,

-

SDN 3 GERESIK

15

YESI FITRAIANI,

-

SDN 3 GERESIK

16

SUHARTI, A.Ma.Pd 19570323 197808 2 001 SDN 1 LEBAKSIUH

17

IKSAN, S.Pd 19620520 198603 1 014 SDN 1 LEBAKSIUH

18

ETI RUSWATI, S.Pd. 19700916 200012 2 001 SDN 1 LEBAKSIUH

19

KIKI SOBARI, S.Pd.

-

SDN 1 LEBAKSIUH

20

RAMDAN NURDIENSYAH, A.Ma.

-

SDN 1 LEBAKSIUH

21

SAHIDIN,A.Ma 19581023 198109 1 002 SDN 2LEBAKSIUH

22

H.JENAL,BA. 19630601 198305 1005 SDN 2 LEBAKSIUH

23

Hj.UPI SUPINAH, S.Pd 19640703 199402 2 003 SDN 2 LEBAKSIUH

24

ELIH HASANAH, S.Pd 19690330 199703 2 003 SDN 2 LEBAKSIUH

25

JUNED,A.Ma.Pd.

-

SDN 2 LEBAKSIUH

26

RUSMIATI, 19500923 197402 2 002 SDN 1 CIPUTAT

27

JUNAEDI, S.Ag. 19590123 198404 1 001 SDN 1 CIPUTAT

28

TITA RAHMAWATI, A.Ma.Pd. 19670728 200701 2 005 SDN 1 CIPUTAT

29

HARIS FADILLAH,

-

SDN 1 CIPUTAT

30

ELI SITI ALIYAH,

-

SDN 1 CIPUTAT

31

MUHTAROM, 19541212 198412 1 004 SDN 3 CIPUTAT

32

JUNIASIH, 19670307 199212 2 004 SDN 3 CIPUTAT

33

POPI INSANAWATI, A.Ma.Pd. 19820925 200801 1 006 SDN 3 CIPUTAT

34

SUSI SUSILAWATI, S.Pd.I

-

SDN 3 CIPUTAT

35

LISNA ALFIAH, S.Pd.

-

SDN 3 CIPUTAT

36

LARA PURNAWATI,

-

SDN 1 KRAMATMULYA

37

Hj II SUTUHAT, A.Ma.Pd. 19700525 200501 2 006 SDN 1 KRAMATMULYA

38

CASTI, A.Ma. 19730405 200801 2 007 SDN 1 KRAMATMULYA

39

RUSTANDI, S.Pd PTT 2121439 SDN 1 KRAMATMULYA

40

ONO DARSONO,

-

SDN 1 KRAMATMULYA

41

SAWINAH,

-

SDN 1 KRAMATMULYA

42

JUJU JUMIATI, A.Ma.

-

SDN 1 KRAMATMULYA

43

THOMAS BASMAN,BA. 19600923 197912 2 005 SDN 2 KRAMATMULYA

44

WAWAN, S.Pd. 19790823 200801 1 006 SDN 2 KRAMATMULYA

45

SATRIA, A.Ma.

-

SDN 2 KRAMATMULYA

46

DIDIN, A.Ma.

-

SDN 2 KRAMATMULYA

47

IYANAH HERNAYATI, A.Ma.Pd.

-

SDN 2 KRAMATMULYA

48

IMAM FUQOHA

-

SDN 2 KRAMATMULYA
  1. F.   Sumber Dana dan Penggunaannya
    1. Sumber dan Alokasi Dana

Dana berasal dari blockgrant  DBL Bermutu bagi kelompok kerja guru, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dialokasikan pada DIPA LPMP Jawa Barat Tahun 2011.

  1. Komponen Pembiayaan

Dana blockgrant  DBL Bermutu bagi kelompok  kerja guru diperuntukkan membiayai komponen pengeluaran sebagai berikut :

Komponen

Kegiatan In Service

Kegiatan Pertemuan Rutin antara lain :

Kegiatan

F-KKG

PTK

TIK

Observasi

Penyusunan Laporan

Uang Harian Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber

Transportasi Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber

Fasilitator/Nara Sumber

Peserta

Konsumsi

Nara Sumber Nara Sumber

Fasilitator/Nara Sumber

Akomodasi Nara Sumber Nara Sumber Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber Fasilitator/Nara Sumber

ATK

Bahan

Keterangan :

√ = nara sumber, fasilitator, dan peserta.

-  = tidak diperkenankan

Besaran pengeluaran dana untuk setiap komponen pembiayaan disesuaikan dengan ketentuan yang diatur dalam satuan biaya umum yang berlaku. Dokumen SPJ penggunaan dana tersebut tertuang dalam lampiran laporan ini.

  1. G.      Pelaksanaan Pertemuan

Kegiatan dirancang dengan pola 16 kali pertemuan bagi Guru.

Pertemuan dilaksanakan dengan tahapan sebagai berikut :

  1. 1.      Pertemuan 1

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan. Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi latar belakang, konsep, dan prosedur PKG. pada kegiatan ini di pandu oleh pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari kabupaten sebagai DCT dibantu oleh para pemandu KKG.

  1. 2.      Pertemuan 2

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua tentang PK Guru 2. Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Penilaian Kinerja Guru (PKG) meliputi konversi PK Guru, tugas dan tanggung jawab serta penjaminan mutu melalui PK Guru. Berikutnya guru peserta di jelaskan juga tentang Monitoring dan evaluaisi PK Guru di sekolah-masing. pada kegiatan ini di pandu oleh pemateri DCT Bapak Irsan Fajar, S.Pd. dari kabupaten sebagai DCT dibantu oleh para pemandu KKG.

 

  1. 3.      Pertemuan 3

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga yang dilaksanakan pada tanggal 03 Desember 2011 tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Kemudian peserta diberi penjelasan tentang Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) meliputi penjelasan tentang latar belakang PKB, dasar hukum, tujuan dan manfaat PKB, serta penjelasan tentang konsep dan implementasi PKB bagi setiap guru peserta. pada kegiatan ini di pandu oleh para pemandu KKG.

 

 

 

 

  1. 4.      Pertemuan 4

Pada pertemuan keempat ini di setelah pembukaan kemudian disampaikan tujuan serta indikator yang harus dicapai pada kegiatan ini. Pada pertemuan ini dibahas tentang Program induksi Guru Pemula (PIGP) yang disampaikan oleh DCT dan pemandu KKG. Pada kesempatan ini dijelaskan pengertian, dasar hukum, tujuan dan manfaat PIGP. Setelah istirahat materi dilanjutkan dengan penjelasan tentang prinsip PIGP, hak dan kewajiban Guru pemula dalam program pelaksanaan Program induksi ini.

  1. 5.      Pertemuan 5

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima yang dilaksanakan pada tanggal 07 Januari 2012 tentang Silabus dan RPP. Pada pertemuan ini dijelaskan teknik pengembangan silabus dan rancangan penilaian hasil belajar di kelas. Setelah istirahat para peserta diberi penjelasan tentang tekhnik pengembangan RPP berkarakter, materi ini disampaikan oleh Pengawas TK/SD bapak Drs.Suratman dibantu dengan para pemandu gugus.

 

  1. 6.      Pertemuan 6

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang dilaksanakan pada tanggal 12 Januari 2012. Pemandu mengenalkan bagian-bagian komputer, kemudian mempraktekan operasi dasar komputer, setelah guru peserta memahami operasi dasar komputer guru peserta berlatih membuat naskah dengan microsoft word, daftar dan tabel, setelah selesai pertemuan guru peserta ditugaskan membuat RPP dengan MS. Word di sekolahnya masing-masing.

 

  1. 7.      Pertemuan 7

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keenam yang dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2012. Pemandu membimbing dan mengarahkan guru peserta berlatih membuat lembar kerja dengan microsoft excel, daftar rumus, setelah selesai istirahat dilanjutkan dengan berlatih membuat slide presentasi, setelah dianggap cukup guru peserta dikenalkan dengan penggunaan mesin pencari kemudian guru peserta mencoba berkomunikasi  dengan yahoo mail. Setelah pertemuan guru peserta ditugaskan mengirimkan tugas tagihan masing-masing ke alamat e mail KKG.

 

  1. 8.      Pertemuan 8

Pada pertemuan ini pengurus dan pemandu menjelaskan persiapan kegiatan open class yang dilaksanakan di SDN 2 Geresik pada tanggal 19 Januari 2012 yang di ikuti seluruh guru peserta dan kepala sekolah. Setelah penjelasan selesai guru model melakukan KBM di kelas di observasi oleh para guru peserta, setelah selesai KBM guru peserta melakukan evaluasi terhadap KBM yang telah dilakukan. Terakhir pengurus dan pemandu membuat laporan hasil observasi.

  1. 9.      Pertemuan 9

Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 21 Januari 2012, Setelah dijelaskan maksud dan tujuan pada kegiatan ini, pemateri menyampaikan materi tentang lesson study, di awali dengan menjelaskan Perencanaan (Plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Setelah penjelasan guru peserta dilatih tentang pelaksanaan Lesson study. Setelah pertemuan selesai pemandu menyampaikan tugas untuk dilaksanakan di sekolahnya masing-masing.

 

  1. 10.  Pertemuan 10

Pada pertemuan ke 10 disampaikan materi tentang Analisis Butir Soal oleh DCT Kabupaten Kuningan Bapak Kusnadi, S.Pd. MM.Pd. setelah disampaikan tujuan dan manfaat pada kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi. Diawali dengan pengertian, ruang lingkup serta kegunaan analisis butir soal, guru peserta dilatih membuat soal dan menganalisa soal- soal. Setelah berlatih membuat soal pemateri menyampaikan analisis spesifikasi dan karakteristik tes. Di akhir kegiatan guru peserta ditugaskan untuk menganalisis soal-soal ulangan harian di sekolahnya masing-masing.

 

  1. 11.  Pertemuan 11

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kesebelas yang dilaksanakan pada tanggal 31 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat kajian kritis. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menulis. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk membuat kajian kritis, karya tulis ilmiah, dan makalah.

 

  1. 12.  Pertemuan 12

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kedua belas yang dilaksanakan pada tanggal 09 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 1 tentang perencanaan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk menyusun dan menetapkan istrumen untuk pengumpulan data. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk mengumpulkan data.

 

  1. 13.  Pertemuan 13

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan ketiga belas yang dilaksanakan pada tanggal 11 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 2 Pelaksanaan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih observasi dan melakukan open class. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil kegiatan open class.

 

 

  1. 14.  Pertemuan 14

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan keempat belas yang dilaksanakan pada tanggal 18 Pebruari 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat PTK 3 Pelaporan. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil penelitian sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan PTK. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil penelitian.

 

  1. 15.  Pertemuan 15

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2012. Pemateri menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat  Pelaporan PTK. Setelah istirahat pemateri melatih guru peserta untuk berlatih menuliskan hasil laporan  penelitian sesuai dengan sistematika dan komponen-komponen laporan  PTK. Di akhir pertemuan pemandu mengarahkan guru peserta untuk melaporkan hasil penelitian.

  1. 16.  Pertemuan 16

Setelah pembukaan, Peserta diberi penjelasan tentang latar belakang, tujuan dan harapan yang akan dicapai dalam pertemuan kelima belas yang dilaksanakan pada tanggal 27 Maret 2012. Pemateri dari LPMP menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat  Pelaporan KKG Bermutu.

 

  1. H.       Metode Pelatihan

Metode yang digunakan dala pertemuan ini adalah metode bagi orang dewasa (andragogi), yaitu ceramah, tanya jawab, praktik, permainan, penugasan kelompok, dan kerja mandiri. Dengan cara ini diharapkan peserta mampu memahami seluruh materi yang disajikan dalam kegiatan ini.

  1. I.          Masalah dan Pemecahannya

 No.

Masalah

Upaya Pemecahan Masalah

1 Kurang tercapainya target penguasaan ICT di KKG Di adakan pelatihan extra di luar waktu kegiatan KKG

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PELAKSANAAN KEGIATAN

 

 

  1. A.       Hasil Pelaksaan Kegiatan

Setelah 16 kali pertemuan  dilaksanakan  dengan materi pokok kebijakan, materi Penilaian   Kinerja   Guru  , materi   Penilaian Kinerja Guru , materi Pengembangan Keprofesian       Berkelanjutan     (PKB),   materi    Program  indukasi Guru Pemula (PIGP),   materi   Silabus  dan RPP,materi  Information  Comunication Tekhnology   (ICT 1),materi  Information  Comunication Tekhnology   (ICT 1),materi Observasi Kelas,materi Lesson Study,materi Penyusunan kisi-kisi soal dan bank soal,materi Kajian kritis, materi PTK 1 Perencanaan,materi PTK 2 Pelaksanaan tindakan,materi PTK 3 Laporan,materi Penyusunan Laporan, materi Penyusunan Laporan.

  1. Peserta yang hadir dari pertemuan 1 s.d pertemuan 16 sebanyak  80  %, terdiri atas :

No.

Peserta

∑ Seharusnya Hadir

 ∑ Hadir

%

Tidak hadir karena

s

I

a

1

Guru

48

2

Kepala Sekolah

9

3

Pengawas

8

Jumlah

65


 

 

 

 

 

 

BAB IV

RANGKUMAN HASIL EVALUASI MANDIRI

 

A. Deskripsi Sebelum dilaksanakan Program bermutu

Sebelum pelaksanaan program bermutu secara umum guru-guru di wilayah gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang kurang memahami prosedur penelitian tindakan kelas, hal ini dibuktikan dengan hasil peneltian awal kami bahwa 40 % guru diwilayah KKG Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang belum dapat menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Bahkan untuk mengidentifikasi masalah-masalah yang dialami guru dalam proses pembelajaran saja guru-guru di wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang masih merasa kesulitan.

Berdasarkan data evaluasi awal didapatkan informasi bahwa selama ini guru-guru enggan untuk memanfaatkan komputer dalam melaksanakan tugasnya meskipun di sekolah sudah ada perangkat komputer, hal ini disebabkan karena mereka tidak bisa mengoperasikan komputer dan ada perasaan takut apabila komputer digunakan akan rusak.

Minat guru untuk mencari dan membaca artikel-artikel yang berkaitan dengan pembelajaran sangat kurang sehingga buku-buku tentang pembelajaran di sekolah hampir tidak tersentuh.

B. Evaluasi Mandiri setelah Pelaksanaan Program BERMUTU

Setelah dilaksanakannya program bermutu, guru-guru diwilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang merasa termotivasi untuk memperbaiki pembelajarannya dengan penelitian tindak kelas (PTK). Kegiatan mereka diawali dengan menulis case study sebagai pijakan awal dalam mengidentifikasi masalah pembelajaran. Menurut beberapa Kepala sekolah motivasi guru-guru utamanya sasaran program BERMUTU untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya sangat tinggi. Bahkan pengawas TK/SD juga dapat menilai perkembangan kreativitas dan pola berpikir guru-guru dengan adanya program BERMUTU.

Di sekolah-sekolah wilayah Gugus IV Ciawigebang Kecamatan Ciawigebang ada upaya mengubah model pembelajarannya dari konvensional menjadi PAIKEM. Paradigm pembelajaran behavioristik mulai ditinggalkan, guru-guru mulai melaksanakan pembelajaran yang kontruktivisme. Ini disebabkan karena pengetahuan dan pemahaman mereka tentang metode-metode pembelajaran yang terus bertambah dengan adanya program BERMUTU.

Dengan dikenalkannya ICT dan melalui beberapa latihan mengoperasikan komputer terdapat perubahan yang cukup signifikan, guru-guru yang sebelumnya takut dan enggan menggunakan komputer mulai ada kemauan dan keberanian untuk mengoperasikan komputer. Mereka terlihat mengerjakan tugas-tugas dalam program BERMUTU dengan mengetik sendiri. Meskipun hasil kerjanya tampak belum baik misalnya penataan paragraph dan spasi, namun hal ini merupakan perkembangan yang positif dalam pemanfaatan komputer.

Buku-buku tentang pembelajaran yang sebelumnya hanya tersimpan mulai diminati dan dibaca oleh guru, hal ini terkait dengan tugas mencari model-model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas.

Secara umum hasil yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap peningkatan kompetensi guru dengan adanya program BERMUTU menyatakan bahwa program BERMUTU dapat meningkatkan motivasi dan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran.

 

 

 

 

 

BAB V

KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

 

  1. A.  KESIMPULAN

Dengan digulirkannya Dana Bantuan Langsung (DBL) Program BERMUTU, Kelompok Kerja Guru Semakin Jelas, terarah, terprogram, serta dapat meningkatkan kompetensi guru, baik kompetensi pedagogic, kompetensi professional, kompetensi social, maupun kompetensi kepribadian bagi anggota KKG Gugus IV Ciawigebang pada khususnya serta kepada guru-guru yang lain sebagai imbasnya.

Program BERMUTU dapat menigkatkan kualitas guru di KKG Gugus IV Ciawigebang karena dengan kegiatan ini pengetahuan dan wawasan guru meningkat secara signifikan dan menghasilkan efek positif pada peningkatan kualitas pembelajaran. Peningkatan Kualitas pembelajaran ini otomatis dapat meningkatan mutu hasil belajar pada khususnya dan mutu pendidikan pada umumnya. Selain itu program BERMUTU ini dapat mempercepat proses kualifikasi akademik bagi guru yang belum berkualifikasi S.1 dengan mengajukan portofolio guru melalui program PPKHB.

  1. B.  REKOMENDASI

Kegiatan Program Bermutu pada masa yang akan datang atau tahap berikutnya sebaiknya ada peningkatan pada sisi persiapan, baik dari sumber daya manusianya maupun fasilitas pendukungnya.

Kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kuningan untuk berkoordinasi dengan LPMP Jawa Barat dalam pengadaan Bahan Belajar Mandiri (BBM) yang dipandang sangat dibutuhkan bagi peserta KKG, dan hendaknya untuk tahun ketiga  BBM tersebut sudah tersedia dan lengkap sebelum pelaksanaan program agar peserta KKG mempunyai panduan belajar yang relevan serta jumlahnya memenuhi rasio standar, juga pencairan dan DBL agar dikucurkan sesuai dengan waktu yang direncanakan agar kegiatan dapat dilaksanakan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh KKG masing-masing.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s